27 Agu 2011

TEKNOLOGI INFORMASI


PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI

Teknologi informasi

Teknologi Informasi adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

Kamus Oxford (1995): TI adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar.
Turban (Efraim Turban, 2008): The physical facilities, IT components, IT services and IT management that support an entire organization.


PENYUSUN TEKNOLOGI INFORMASI


pengelolaan data

Sumber dari informasi adalah data. Sedangkan data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian-kejadian (event) adalah sesuatu yang terjadi pada saat yang tertentu.
1. DATA
  • Data menurut JOG [3] : “Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata”.
  • Data menurut ABD [4] : “Data adalah deskripsi tentang benda, kejadian, aktivitas, dan transaksi, yang tidak mempunyai makna atau tidak berpengaruh secara langsung kepada pemakai”.
  • Data menurut AZH [7] : “Data adalah fakta atau apapun yang dapat digunakan sebagai input dalam menghasilkan informasi”.
  • Data menurut Galih Prasetyo PendTIUM off B '11 : Data adalah fakta-fakta mentah atau deskripsi-deskripsi dasar dari hal, event, aktivitas, dan traksaksi yang ditangkap, direkam, disimpan, diklasifikasikandalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi, atau kombinasinya tetapi tidak diorganisasikan untuk tujuan spesifik tertentu.
Contoh data antara lain terdiri dari saldo bank, atau jumlah jam pekerja yang bekerja dalam periode pembayaran 
Dari ketiga pendapat dari sumber dan ditambah pendapat dari saya tentang "Data" diatas maka dapat disimpulkan bahwa komponen ke-dua adalah "Informasi". Informasi merupakan hasil dari pengolahan data yang menghasilkan suatu informasi yang berguna dan berarti bagi penggunanya.
2. INFORMASI

Suatu sistem yang kurang mendapatkan informasi akan menjadi luruh, kerdil dan akhirnya berakhir. Informasi yang berguna bagi sistem akan menghindari proses kematian sebuah sistem.
  • Informasi menurut JOG [3] : “Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya”.
  • Informasi menurut ABD [4] : “Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau saat mendatang”.
  • Informasi menurut AZH [7] : “Informasi adalah hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat”.

Source : http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/309/jbptunikompp-gdl-denimulyan-15409-2-bab2.pdf

  • Informasi menurut Galih Prasetyo PendTIUM off B '11 : Informasi adalah sekumpulan fakta (data) yang diorganisir dengan cara tertentu sehingga mereka mempunyai arti bagi si penerima.
Contoh, bila kita memasukkan nama-nama mahasiswa dengan nilai rata-rata, nama konsumen saldo bank, jumlah gaji dengan jumlah jam bekerja, kita akan mendapatkan informasi yang berguna. Dengan kata lain, informasi datang dari data yang akan diproses.
Dari ketiga pendapat dari sumber dan ditambah pendapat dari saya tentang "Informasi" diatas maka dapat kita analisis bahwa setelah kita mendapatkan komponen ke-dua diatas yakni "Informasi" kita akan mendapatkan komponen ke-tiganya yakni "Pengetahuan" Informasi merupakan hasil dari pengolahan data yang menghasilkan suatu informasi yang berguna dan berarti bagi penggunanya. 

3. PENGETAHUAN


Pengetahuan terdiri dari informasi yang sudah diorganisasikan dan diproses untuk memperoleh pemahaman, pengalaman, pembelajaran yang terakumulasi, sehingga dapat diaplikasikan dalam masalah atau proses bisnis tertentu.

Pengetahuan juga dapat diartikan sebagai informasi yang diproses untuk mengekstrak implikasi kritis dan merefleksikan pengalaman masa lampau menyediakan peneruma dengan pengetahuan yang terorganisasi dengan nilai yang tinggi.



4. MASYARAKAT INFORMASI

Adalah suatu masyarakat di mana lebih banyak orang bekerja di bidang penanganan informasi daripada bidang pertanian dan industri.



1 komentar:

Select Your Language