LANGKAH AWAL MENGGERAKKAN OBJEK PADA MULTIPLAYER GAME
Dalam suatu game juga dikenal
istilah multiplayer game. Konsep multiplayer adalah konsep game dimana ada dua
karakter utama di sebuah permainan, yang biasa dikenal dengan player1 dan
player2. interaksi objek ini juga dapat dilakukan menggunakan keyboard.
Menggunakan interaksi keyboard
beberapa objek dapat digerakan secara bersamaan (menyatu) dan sendiri sendiri
(terpisan). konsep peggerakan objek secara terpisah inilah yang nantinya
menjadi langkah awal untuk menggerakan objek utama pada multiplayer game. Menggunakan
logika dan variabel player1 dan player2 dapat dibentuk interaksi objek yang
terpisah.
Disini akan dijelaskan
menggunakan dua buah objek 2D yakni player1 sebagai segitiga dan player2
sebagai segiempat. Digunakan SpecialKeyboardFunction untuk menggerakkan
player1, dan keyboard biasa untuk menggerakkan player2*.
*)Player1 digerakkan menggunakan UP | DOWN | LEFT |
RIGHT. Player2 digerakkan menggunakan W | A | S | D
Sebelum
menginjak ke dasar permainan, dijelaskan dulu dasar dasar script untuk interaksi
keyboard. Ada dua fungsi untuk keyboard, yakni Keyboard Function dan Special
Keyboard Function
Pertama adalah Keyboard Function, digunakan source code dibawah ini :
void myKeyboard(unsigned char key, int x, int y){
if(key == 'a'){
//Interaksi
bila ditekan A
}
if(key == 's'){
//Interaksi
bila ditekan S
}
if(key == 'd'){
//Interaksi
bila ditekan D
}
if(key == 'w'){
//Interaksi
bila ditekan W
}
}
Untuk fungsi
callback yang memanggil tombol keyboard normal / biasa adalah
glutKeyboardFunc(myKeyboard); //hanya memanggil
fungsi myKeyboard
Kedua adalah Special Keyboard Function, digunakan source
code dibawah ini :
void mySpecialKeyboard(int key, int x, int y){
switch(key)
{
case GLUT_KEY_LEFT:
//Interaksi bila ditekan Tombol
Panah Kiri
break;
case GLUT_KEY_RIGHT:
//Interaksi bila ditekan Tombol Panah Kanan break;
case GLUT_KEY_UP:
//Interaksi bila ditekan Tombol Panah Atas break;
case GLUT_KEY_DOWN:
//Interaksi bila ditekan Tombol Panah Bawah break;
}
}
Untuk fungsi
callback yang memanggil tombol Special Keyboard adalah
glutSpecialFunc(mySpecialKeyboard); //hanya
memanggil fungsi mySpecialKeyboard
Untuk daftar tombol-tombol spesialnya adalah sebagai berikut :
Berikut adalah
script dasar dasar multiplayer game menggunakan interaksi keyboard, dengan
Player1 sebagai persegi dan Player2 sebagai segitiga.
Screen Shot :
1.
Posisi awal
2.
Pergerakan Player1 (A, W, D, S)
3. Pergerakan Player2
0 komentar:
Posting Komentar