1 Mei 2013

GRAFIKA KOMPUTER : INTERAKSI KEYBOARD


LANGKAH AWAL MENGGERAKKAN OBJEK PADA MULTIPLAYER GAME

Dalam suatu game juga dikenal istilah multiplayer game. Konsep multiplayer adalah konsep game dimana ada dua karakter utama di sebuah permainan, yang biasa dikenal dengan player1 dan player2. interaksi objek ini juga dapat dilakukan menggunakan keyboard.
Menggunakan interaksi keyboard beberapa objek dapat digerakan secara bersamaan (menyatu) dan sendiri sendiri (terpisan). konsep peggerakan objek secara terpisah inilah yang nantinya menjadi langkah awal untuk menggerakan objek utama pada multiplayer game. Menggunakan logika dan variabel player1 dan player2 dapat dibentuk interaksi objek yang terpisah.
Disini akan dijelaskan menggunakan dua buah objek 2D yakni player1 sebagai segitiga dan player2 sebagai segiempat. Digunakan SpecialKeyboardFunction untuk menggerakkan player1, dan keyboard biasa untuk menggerakkan player2*.

*)Player1 digerakkan menggunakan UP | DOWN | LEFT | RIGHT. Player2 digerakkan menggunakan W | A | S | D

Sebelum menginjak ke dasar permainan, dijelaskan dulu dasar dasar script untuk interaksi keyboard. Ada dua fungsi untuk keyboard, yakni Keyboard Function dan Special Keyboard Function

         Pertama adalah Keyboard Function, digunakan source code dibawah ini :
void myKeyboard(unsigned char key, int x, int y){

if(key == 'a'){
//Interaksi bila ditekan A
}
if(key == 's'){
//Interaksi bila ditekan S
}
if(key == 'd'){
//Interaksi bila ditekan D
}
if(key == 'w'){
//Interaksi bila ditekan W
}

}

Untuk fungsi callback yang memanggil tombol keyboard normal / biasa adalah
glutKeyboardFunc(myKeyboard); //hanya memanggil fungsi myKeyboard

Kedua adalah Special Keyboard Function, digunakan source code dibawah ini :
void mySpecialKeyboard(int key, int x, int y){

switch(key)
{
case GLUT_KEY_LEFT:
              //Interaksi bila ditekan Tombol Panah Kiri
              break;
       case GLUT_KEY_RIGHT:
              //Interaksi bila ditekan Tombol Panah Kanan            break;
       case GLUT_KEY_UP:
              //Interaksi bila ditekan Tombol Panah Atas             break;
       case GLUT_KEY_DOWN:
              //Interaksi bila ditekan Tombol Panah Bawah            break;
}

}

Untuk fungsi callback yang memanggil tombol Special Keyboard adalah
glutSpecialFunc(mySpecialKeyboard); //hanya memanggil fungsi mySpecialKeyboard


Untuk daftar tombol-tombol spesialnya adalah sebagai berikut :

Berikut adalah script dasar dasar multiplayer game menggunakan interaksi keyboard, dengan Player1 sebagai persegi dan Player2 sebagai segitiga.


Screen Shot :
1.      Posisi awal 


2.      Pergerakan Player1 (A, W, D, S)

3.     Pergerakan Player2








0 komentar:

Posting Komentar

Select Your Language