31 Okt 2012

Prinsip dan Pendekatan Kurikulum [Topik 6]


BAB II
PEMBAHASAN


2.1  Pengertian Pengembangan Kurikulum
       Kurikulum merupakan suatu tujuan pengajaran, pengalaman-pengalaman belajar, alat-alat pelajaran dan cara-cara penilaian yang direncanakan dan digunakan dalam pendidikan. Akan tetapi, dalam memahami hakikat kurikulum sering kali terjadi perbedaan persepsi dan pemahaman. Oleh karena itu, pengertian kurikulum juga memiliki berbagai persepsi tergantung dari sudut pandang masing-masing pelaksananya . Pengembangan kurikulum adalah istilah yang komprehensif, didalamnya mencakup: perencanaan, penerapan dan evaluasi.

Posted By Galih Praz18.00

Jenis Kurikulum [Topik 5]



BAB II
PEMBAHASAN

A.  Jenis Kurikulum
1.       1.  Separated Subject Curriculum (Kurikulum Mata Pelajaran Terpisah Atau Tidak Menyatu). 
       Kurikulum ini dikatakan demikian, karena bahan pelajaran disajikan pada peserta didik dalam bentuk subjek atau mata pelajaran yang terpisah satu dengan yang lainnya. Organisasi subject curriculum dianggap berasal dari zaman Yunani kuno. Orang Yunani telah mengajarkan berbagai bidang studi seperti kesusastraan, matematika, filsafat, dan ilmu pengetahuan ditambah dengan musik dan atletik. Orang Romawi menerimanya dari orang Yunani sambil mengadakan perubahan. Mereka mengadakan dua kategori utama yaitu trivium (gramatika, retorika, dan logika) dan quadrivium (arithmetika, geometri, astronomi, dan musik), yang kemudian dikenal sebagai “the seven liberal arts” yang memberikan pendidikan umum.

Posted By Galih Praz06.00

30 Okt 2012

Kurikulum Pendidikan Kejuruan [Topik 4]



BAB I
PENDAHULUAN

1.     A.     LATAR BELAKANG
       Kurikulum adalah suatu hal yang esensial dalam suatu penyelenggaraan pendidikan. Kurikulum harus mampu mengakomodasi kebutuhan peserta didik yang berbeda secara individual, baik ditinjau dari segi waktu maupun kemampuan belajar.
       Perubahan kurikulum dari waktu ke waktu juga bukan tanpa alasan, sebab perubahan ini didasari oleh keinginan untuk terus memperbaiki, mengembangkan, dan meningkatkan kualitas sistem pendidikan nasional. Namun di lapangan, perubahan kurikulum seringkali menimbulkan persoalan baru, sehingga pada tahap awal implementasinya memiliki kendala teknis. Dalam teknis pelaksanaannya pun sedikit terkendala disebabkan perlu adaptasi terhadap perubahan atas kurikulum yang sudah biasa diterapkan.

Posted By Galih Praz18.00

Asas-asas Kurikulum [Topik 3]


ASAS-ASAS KURIKULUM

       Pendidikan di Indonesia selalu berdasarkan sejumlah landasan serta sesuai dengan sejumlah asas-asas tertentu. Landasan dan asas tersebut merupakan elemen penting bagi pendidikan, karena pendidikan merupakan pilar utama terhadap perkembangan manusia dan masyarakat bangsa tertentu. Beberapa landasan pendidikan tersebut adalah landasan filosofis, sosiologis, kultural, dan psikologis, yang sangat memegang peranan penting dalam menentukan tujuan pendidikan. Sedangkan landasan ilmiah dan teknologi akan mendorong pendidikan agar sesuai dengan masa depan. Asas-asas pendidikan sendiri terdiri dari beberapa bagian, yaitu asas Ki Hajar Dewantara (Tut Wuri Handayani), asas belajar sepanjang hayat, asas kemandirian dalam belajar, dan asas pendidikan bagi semua. Landasan dan asas-asas pendidikan inilah yang nantinya menjadi dasar bagi asas-asas kurikulum di Indonesia.

Posted By Galih Praz06.00

29 Okt 2012

Komponen Kurikulum dan Silabus [Topik 2]



BAB II
PEMBAHASAN

A. Komponen-komponen Kurikulum

       Fungsi kurikulum dalam proses pendidikan adalah sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Maka hal ini berarti bahwa sebagai alat pendidikan kurikulum memiliki bagian-bagian penting dan penunjang yang dapat mendukung operasinya secara baik. Bagian-bagian ini disebut komponen. Kurikulum sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan memiliki komponen pokok dan komponen penunujang yang saling berkaitan, berinteraksi dalam rangka dukungannya untuk mencapai tujuan itu.
Komponen pokok kurikulum, meliputi;

Posted By Galih Praz05.43

28 Okt 2012

Pengertian dan Jenis Kurikulum [Topik 1]



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

       Deskripsi singkat tentang kurikulum yang pernah dikembangkan dalam program pendidikan di Indonesia. Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunannya disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan.
       Konsep terpenting yang perlu mendapatkan penjelasan dalam teori kurikulum adalah konsep kurikulum. Karena kurikulum dapat sebagai suatu subtansi, suatu kurikulum dipandang orang sebagai suatu rencana kegiatan belajar bagi murid-murid di sekolah atau sebagai suatu perangkat tujuan yang ingin dicapai.
       Konsep kedua kurikulum sebagai suatu sistem, yaitu sistem kurikulum yang merupakan bagian dari sistem persekolahan, pendidikan bahkan sistem masyarakat.

Posted By Galih Praz15.10

Select Your Language